Terakhir Diperbarui:03:43:21 AM GMT

Anda berada di:

Laju Pertumbuhan Penduduk Kabupaten Bogor 3,9% per Tahun, Tertinggi di Indonesia

E-mail Cetak PDF
bgr-KB-program-ditingkatkan

BOGOR-KITA.com - Laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Bogor mencapai 3,19 persen per tahun. Artinya, setiap tahun 104 ribu muncul penduduk baru dan angka ini tertinggi di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Bogor sekaligus penyumbang penduduk terbesar di Indonesia. Menanggapi hal ini, Bupati Bogor Rachmat yasin menegaskan akan menggalakkan program KB.

Tingginya angka laju pertumbuhan penduduk Kabupaten Bogor dikemukakan Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat Rukman Heryana dalam rapat koordinasi di Kantor Bupati Bogor, di Bogor, Rabu (10/11/2010).

Pertambahan jumlah penduduk di Indonesia mencapai empat juta jiwa tiap tahunnya. Provinsi Jawa Barat terbesar menyumbang penduduk dibanding Jawa Tengah dan Jawa Timur. “Sedangkan Kabupaten Bogor penyumbang penduduk terbesar di Jabar sehingga menjadikan kabupaten ini penyumbang penduduk terbesar di Indonesia,” paparnya.

Tingginya laju pertumbuhan penduduk di kabupaten ini disebabkan beberapa faktor di antaranya minimnya peserta Keluarga Berencana (KB), terutama IUD, implant, dan MOP terutam di pedesaan. Pemkab harus memberikan jaminan kesehatan masyarakat pemberian pil atau alat kontrasepsi kepada keluarga miskin. “Dengan rakor ini kami berharap PKK lebih sigap dengan berupaya meningkatkan jumlah akseptor, Desa Siaga hingga Perilaku Hidup Sehat dan Bersih,” harapnya.

menanggapi hal ini Bupati Bogor Rahmat Yasin mengatakan, tingginya laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Bogor bukan hanya dipengaruhi oleh tingginya angka kelahiran, tapi juga karena tingginya jumlah pendatang. “Tingginya laju pertumbuhan tidak berbanding lurus dengan angka kelahiran. Kabupaten Bogor punya daya tarik bagi warga pendatang untuk menetap,” katanya

Meski demikian Bupati berjanji akan memerintahkan camat dan kades atau lurah serius menggalakkan kembali program KB yang tergolong berhasil di era Persiden Soeharto. “Nanti, setiap bulannya saya akan monitoring laju pertumbuhan penduduk dan jumlah akseptor per kecamatan. Dan setiap camat wajib memberikan laporan apa yang sudah dilakukannya dan dimana hambatannya,” katanya.

o din/situs pemkab bogor

Berikan Komentar


Security code
Refresh