Terakhir Diperbarui:09:41:08 AM GMT

Anda berada di:

APBD 2014 Dilandasi Visi Kabupaten Bogor Termaju

E-mail Cetak PDF

BOGOR-KITA.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor menyetujui Rencana Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran 2014 menjadi APBD.Persetujuan diperoleh dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bogor yang dihadiri Bupati Bogor Rachmat Yasin di Ruang Rapat Paripurna, Gedung DPRD Kabupaten Bogor, Cibinong, Kamis (28/11) malam. Naskah persetujuan ditandatangani oleh Ketua DPRD Kabupaten Bogor Mochammad Hanafi dan Bupati Bogor Rachmat Yasin. Bupati Rachmat Yasin dalam rapat paripurna kali ini, menyampaikan bahwa  RAPBD 2014 sebagai potret  dari upaya pemerintah Kabupaten Bogor mewujudkan visi menjadi Kabupaten Bogor termaju di Indonesia.

“Alokasi anggaran untuk bidang pendidikan, kesehatan serta infrastruktur ditingkatkan, tanpa mengenyampingkan aspek pelayanan publik dan upaya reformasi birokrasi yang terutama ditujukan bagi pencapaian enam prioritas pembangunan daerah tahun 2014,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan bahwa pembahasan bersama DPRD telah berhasil meningkatkan target pendapatan daerah baik dari komponen pendapatan asli daerah (PAD), dana perimbangan, maupun pendapatan daerah yang sah sehingga target pendapatan daerah yang semula sebesar Rp3,851 triliun, ditingkatkan menjadi sebesar Rp4,221 triliun rupiah. Sedangkan untuk belanja daerah yang semula sebesar Rp4,041 triliun meningkat menjadi sebesar Rp4,508 Triliun.

Bupati Bogor juga memaparkan program yang mendapat perhatian khusus dalam proses pembahasan RAPBD tahun 2014, yaitu peningkatan insentif untuk kesejahteraan pegawai, baik PNS maupun guru non PNS. Juga ada agenda percepatan reformasi birokrasi, pemagaran sekolah, pemberian kendaraan operasional bagi 42 UPT kesehatan, jaminan pelayanan kesehatan daerah, rehabilitasi puskesmas, penyelesaian gedung rawat inap jamkesda di RS Leuwiliang, peningkatan rehabilitasi dan pemeliharaan jalan, jembatan serta irigasi.

Selanjutnya juga dialokasikan anggaran untuk pembangunan kantor kecamatan dan rehabilitasi kantor kelurahan, pembangunan sarana prasarana air bersih pedesaan, dukungan anggaran untuk persiapan pemekaran daerah otonom baru Kabupaten Bogor Barat, penertiban bangunan tanpa IMB, rehabilitasi Gedung DPRD, pengembangan jaringan irigasi, pengadaan traktor, pengembangan sarana perbenihan dan pengembangan jaringan listrik perdesaan.

Bupati Bogor berjanji akan membangun Kabupaten Bogor menjadi lebih baik lagi ke depannya. “Lima tahun kedepan saya akan bangun Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten termaju di Indonesia,” janjinya. [] Harian PAKAR/Admin

Berikan Komentar


Security code
Refresh