Terakhir Diperbarui:09:41:08 AM GMT

Anda berada di:

Booming...Televisi 3D

E-mail Cetak PDF

BOGORKITA -  Belum lama kita menikmati televisi dengan teknologi layar datar (Plasma maupun LCD) bahkan mungkin sebagian besar masyarakat kita masih belum menikmatinya, sekarang telah muncul televisi dengan format  3 Dimensi. Apa pula TV 3 Dimensi ini?   

 

Menurut wikipedia, sebuah televisi 3D adalah televisi yang mempekerjakan teknik 3D presentasi, seperti stereoscopic menangkap, multi-view menangkap, atau 2D kedalaman ditambah , dan tampilan 3D -perangkat tampilan khusus untuk proyek televisi program dalam bidang tiga dimensi yang realistis. Dengan semakin banyaknya film yang dibuat dalam format 3D, sejumlah produsen raksasa pertelevisian berlomba menampilkan produk terbaiknya.  Sebut saja Samsung, yang memperkenalkan TV 3D nya pada Consumer Electronics Show (CES), Las Vegas, 6 Januari lalu. Di situ, Samsung melansir TV 3D lengkap dengan blu-ray 3D. Teknologi ini akan melengkapi setiap jajaran TV Samsung yang saat ini memiliki TV Plasma, LCD, dan LED. Sementara Panasonic memastikan mulai menjual televisi 3D pertamanya, Rabu (10/3/2010) ini dengan menggandeng jaringan toko elektronik Best Buy. Tidak seperti Samsung, Panasonic menjualnya terpisah dari paket 3D lainnya. Panasonic belum merilis berapa harga televisi 3D terbaruya dan baru akan menawarkan satu tipe televisi plasma yang mendukung 3D.

Sementara itu, Sony, juga memastikan bahwa televisi 3D pertamanya akan dirilis mulai Juni di pasar Jepang. Harganya sekitar 3.900 dollar AS untuk televisi LCD berlayar 46 inci atau sekitar 52 persen lebih mahal daripada televisi LCD konvensional tanpa kemampuan 3D.

Penyerapan televisi 3D diperkirakan akan meledak tahun ini seiring berkembangnya industri film berformat 3D. Avatar terbukti sukses menghadirkan tontonan 3D di bioskop. Alice in Wonderland kini juga tengah berjuang dengan format 3D. Selain itu, siaran televisi 3D diperkirakan juga bakal menjamur tahun ini. ESPN berencana menyiarkan kanal 3D mulai Juni dengan menayangkan siaran langsung Piala Dunia.





Berikan Komentar


Security code
Refresh