Terakhir Diperbarui:04:50:27 PM GMT

Anda berada di:

Perayaan Seren Taun Sedekah Bumi Digelar di Cibungbulang Bogor 27 Desember

Sidekah_Bumi

BOGOR-KITA.com – Perayaan Seren Taun Sedekah Bumi tahun 2011 digelar di Cibungbulang Bogor 27 Desember 2011. Gladi bersih acara Seren Taun Sedekah Bumi berlangsung berlangsung, Minggu (25/12/2011). Acara yang biasanya digelar di Sindangbarang dipindah ke Cibungbulang, persisnya di Lapangan Kantor Desa Situ Ilir Kecamatan Cibungbulang, Bogor.

Pemindahan lokasi acara karena Sindangbarang memang sengaja dibangun untuk kepentingan wisata, menjadi desa wisata. Sementara di Cibungbulang acara Seren Taun Sedekah Bumi akan berlangsung lebih bermakna karena membaur dengan masyarakat.

Gladi bersih direncanakan dihadiri sejumlah pejabat dari Kabupaten Bogor. Antara lain Kepadala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, dan juga Wakil Bupati Bogor Karyawan Faturachman Puncak acara berlangsung Selasa (27/12/2011).

Sedekah Bumi , Tasyakuran Desa , Bersih Desa dll. Istilah , yang berhakekat sebagai perwujudan rasa Syukur terhadap Tuhan dan lingkungan desanya

Sedekah Bumi biasanya dilakukan dalam banyak acara kemeriahan yang berciri religius dengan pesan-pesan moral yang sangat kental untuk warga wilayah atau desa d mana acara dilakukan.

Acara dilakukan antara lain diisi dengan makan bersama dengan makanan yang berasal dari hasil kebun, sawah atau laut atau sungai sebagai hasil jerih payah penduduk setempat. Makanan yang disajikan merupakan makanan tradisional yang memang harus dijadikan sebagai syarat dalam melakukan Prosesi Sidekah Bumi.

Arti dalam adat istiadat, budaya Sedekah Bumi adalah semata-mata mengucapkan rasa syukur terhadap Tuhan, bumi atau lingkungan, sekaligus melakukan intropeksi diri. O nasdi

Berikan Komentar


Security code
Refresh