Terakhir Diperbarui:06:00:43 PM GMT

Anda berada di:

Daerah Wisata Alam Bogor

BOGORKITA - Puluhan objek wisata di Bogor. Panoramanya beraneka kecuali wisata pantai. Selainnya, tersedia dengan berbagai sajian yang pada umumnya alamiah, mulai dari curug (air terjun), gunung, pemandangan, pemandian air panas, dan lainnya sebaga. Berikut data singkat beberapa objek wisata alam yang ada di Bogor dan sekitarnya.

 

     

riung_gunungRiung Gunung - Obyek wisata ini terletak di tepi jalur Puncak ke arah Cianjur pada km 40. Tempat ini dapat dicapai dalam waktu sekitar 40 menit dari kota Bogor. Panorama Alam Riung Gunung yang terletak di ketinggian 1.400 m dpl ini mempunyai udara yang segar. Obyek wisata ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas permainan anak yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung. Selain fasilitas permainan anak, obyek wisata ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas teropong panorama yang memungkinkan pengunjung menikmati keindahan alam di sekitarnya.

 

 

 

 

 

ciseengPemandian Air Panas Ciseeng - Pemandian Air Panas Ciseeng terletak di Kecamatan Ciseeng. Jika anda sekeluarga ingin mengunjungi tempat pemandian air panas ciseeng silahkan datang kesana. Selain menikmati pemandangan alamnya juga disana bisa berefleksi dengan air panasnya. Untuk mandi di air panas telah disediakan kamar-kamar kecil dengan kapasitas 2 orang. Pemandian air panas ini berkhasiat menghilangkan pegal-pegal,gatal-gatal dan juga untuk menyegarkan badan. 

 

crg_countryCurug Country - Curug Country  terletak di Desa Tanjung rasa Kecamatan Tanjungsari.

 

 

 

 

 

 

 

curug_ngumpet

Curug Ngumpet - Curug Ngumpet merupakan salah satu obyek wisata yang berada di kawasan Gunung Salak Endah, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

 

 

 

 

 

 

 

gunung mas puncakPerkebunan Teh Gunung Mas - Obyek wisata ini dapat dicapai dalam waktu kurang lebih 40 menit dari arah pintu tol Gadog - Ciawi. Di sini pengunjung dapat melihat proses pengolahan teh, mulai dari memetik hingga menjadi air teh yang siap dihidangkan.

Selain itu wisatawan juga dapat melakukan aktivitas tea walk yaitu berjalan-jalan di sepanjang jalur kebun teh. Dan bagi pengunjung yang ingin menginap disediakan juga fasilitas penginapan.


ciantenPerkebunan Teh Cianten - Dari arah Jakarta perkebunan teh Cianten dapat dicapai melalui jalan tol Jagorawi, keluar di pintu tol Bogor (Barangsiang), terus mengambil jalan ke arah Kampus IPB Dramaga, dan diteruskan dengan menuju ke Leuwiliang. Perkebunan teh ini berjarak sekitar 25 km dari Kec. Leuwiliang.

Perkebunan teh PTPN VIII Cianten memiliki luas lahan 857,7 ha pada ketinggian 800 – 1.000 mdpl. Kondisi iklim relatif sejuk  dengan suhu berada di kisaran 190C – 300C, kelembaban antara 38 – 80%, curah hujan rata-rata 5,238 mm.

Perkebunan teh Cianten ini relatif jauh dari perkampungan penduduk, jarak terdekat dengan perkampungan penduduk + 7 km yaitu dengan Kp. Tanjungsari.

Potensi wisata yang ditawarkan oleh Perkebunan teh Cianten adalah keindahan alam dan kesejukan udara, air panas, curug (air terjun), track sepeda gunung dan tea walk. Di daerah tersebut juga terdapat sebuah perusahaan yang bergerak di bidang sayuran dan perkebunan yaitu PT. Megapolitas Karacak.

Aksesibilitas menuju perkebunan teh Cianten ini relatif baik. Kondisi jalan sepanjang       + 12 km dari Kec. Leuwilinag sampai Desa Purasari dalam keadaan baik dengan lebar jalan + 4 m. Sedangkan sisanya + 13 km dari Desa Purasari sampai dengan lokasi perkebunan dalam keadaan rusak namun masih dapat dilewati kendaran bermotor.

 

gunung_bunderPerkemahan Gunung Bunder - Wisata Bumi Perkemahan Gunung Bunder terletak di lereng Gunung Salak pada ketinggian 800 m diatas permukaan laut dengan suhu udara antara 18 s.d. 23 derajat celcius. Pemandangan di obyek wisata ini sangat indah karena lokasinya terletak pada kawasan hutan Pinus dan Rasamala yang telah berumur puluhan tahun.

 


 

 

 

telaga_warnacTalaga Warna - Tidak jauh dari restoran Rindu Alam atau tepatnya 45 km dari Kota Bogor ke arah selatan (Puncak) terdapat obyek wisata alam Telaga Warna. Lokasinya di tengah hutan tropis di pinggir Perkebunan Teh Ciliwung. Air danau bersuhu 200 C dengan kemiringan 450 ini memiliki udara yang segar sangat cocok untuk berwisata. Untuk mencapai lokasi ini dapat menggunakan berbagai jenis kendaraan dalam waktu 45 menit dari Kota Bogor dengan rute Bogor - Puncak dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh + 200 m. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, air telaga ini konon dapat berubah warna.

 

Ekowisata Bodogol - bodogol_cKawasan Bodogol sebagai kawasan konservasi diresmikan pada tanggal 12 Desember 1998. Obyek wisata ini dikenal juga sebagai Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPKB) ini terletak di lereng barat Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.Obyek wisata ini dapat ditempuh kurang lebih 30 menit dari pintu tol Ciawi ke arah Sukabumi. Disini wisatawan dapat melihat berbagai flora dan fauna yang sangat memikat. Disamping itu wisatawan juga dapat mencoba sensasi berjalan diatas jembatan kanopi yaitu jembatan yang terbuat dari tali dan tergantung memanjang di puncak pepohonan. Alamat Ekowisata Bodogol yang juga Pusat Pendidikan Konservasi, terletak di Desa Wates Jaya, Jl. Raya Bogor - SUkabumi Km. 18 Cisempur – Cinagara, Caringin - Bogor.

 


cigameacCurug Cigamea  - Curug Cigamea terletak di kawasan Gunung Salak Endah tepatnya di Kampung Loka Purna Desa Gunung Sari  Kecamatan Pamijahan. Obyek wisata ini dapat dicapai dalam waktu kurang lebih 2 jam dari Kota Bogor.

Curug ini mempunyai ketinggian kurang lebih 50 m. Obyek wisata ini juga mempunyai pemandangan yang indah serta udara yang segar. Fasilitas yang dimiliki oleh obyek wisata ini diantaranya adalah tempat parkir, toilet, dan musholla.

 

 

 

 

crg_luhurCurug Luhur Indah - Daeah wisata ini terletak di Desa Gunung Malang Kec. Tenjolaya Kabupaten Bogor. Dinamakan Curug Luhur (tinggi) karena ketinggiannya mencapai + 50 m. Dengan lingkungan yang alami serta pemandangan yang indah, curug ini tak kalah dengan obyek wisata lainnya. Fasilitas yang ada, penginapan, rumah makan, musholla dll.

 


 

 

 

gunung_salak_endahAir Panas Gunung Salak Endah - Terletak di Kp. Ciparay Kawasan Gunung Salak Endah Kec. Pamijahan Kabupaten Bogor terdapat sumber mata air panas dengan fasilitas seperti kolam rendam, kamar pemandian, musholla dll.

 


 

g_pancar_cTaman Wisata Air Panas Gunung Pancar - Sumber air panas Gunung Pancar merupakan salah satu kekayaan sumber air panas yang dimiliki Kabupaten Bogor.  Obyek wisata ini terletak di Kp. Karang Tengah Kecamatan Babakan Madang. Lokasi ini dapat dicapai dengan rute Cibinong - Sentul - Babakan Madang dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dari pintu tol Sentul. Sebagaimana obyek wisata air panas lainnya, pengunjung disamping menimati keindahan alam juga dapat mencoba terapi air panas sebagai pengobatan terutama pengobatan penyakit kulit. Obyek wisata air panas Gunung Pancar ini memiliki keunikan karena memiliki kadar belerang yang cukup tinggi sehingga cukup efektif bagi terapi pengobatan penyakit kulit. Fasilitas yang tersedia diantaranya adalah kolam rendam, baik itu kolam rendam umum maupun kolam rendam pribadi.

 

 

kemacetan puncak-1Kawasan Puncak - Kawasan Puncak sudah lama dikenal karena kesejukan dan kesegaran udaranya. Tak heran jika kawasan ini menjadi salah satu primadona daerah tujuan wisata di Jawa Barat.

Kawasan Puncak terbentang mulai dari Kecamatan Ciawi - Megamendung - sampai Cisarua, dan sebagai landmark daerah ini adalah adalah kawasan perkebunan teh Gunung Mas yang terletak di Kecamatan Cisarua.

Dikarenakan daerahnya yang tidak jauh dari ibu kota Jakarta, serta mudahnya aksesibilitas menuju daerah ini, menjadikan Kawasan Puncakmerupakan salah satu daerah tujuan wisata favorit bagi warga ibu kota, disamping bagi wisatawan dari daerah-daerah lainnya.

 

giri_jaya_c

Giri Jaya  - Wana wisata Giri Jaya merupakan obyek wisata Penangkaran Rusa yang berada di bawah pengelolaan Perum Perhutani. Obyek wisata ini terletak di Desa Giri Jaya Kecamatan Tanjung Sari kurang lebih 40 km dari kota Cibinong arah menuju ke Cianjur atau dapat dicapai dalam waktu kurang lebih satu jam perjalanan dari Jakarta.

 

 

 



crg_cilember3cCurug Cilember - Curug Cilember merupakan salah satu obyek wisata air terjun yang ada di Kabupaten Bogor. Obyek wisata yang terletak di Kecamatan Cisarua ini, berjarak sekitar 21 km dari arah Bogor serta dapat ditempuh dalam waktu + 30 menit dari arah Bogor.

Curug Cilember memiliki keunikan tersendiri dikarenakan obyek wisata ini mempunyai obyek wisata air terjun sebanyak 7 buah. Begitu memasuki pintu gerbang wisatawan akan bertemu dengan air terjun (bhs. Sunda=curug) yang pertama dan begitu seterusnya sampai akhirnya di puncak bertemu dengan air terjun yang terakhir yang dikenal dengan nama curug tujuh.

Selain obyek wisata air tejun, Curug Cilember juga mempunyai tempat penangkaran kupu-kupu yang disebut Taman Kupu-Kupu. Disini wisatawan dapat belajar mengenai berbagai macam spesies kupu-kupu. Fasilitas lain yang terdapat di obyek wisata ini adalah arena perkemahan dan fasilitas penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam.

 

 

crg_nangka_2

Curug Nangka - Curug Nangka berjarak + 15 km dari jantung Kota Bogor, berada pada ketinggian + 750 mdpl dan letaknya berdekatan dengan wana wisata Bumi Perkemahan Sukamantri.



 

 

 

 

 

kwh_ratuKawah Ratu - Kawah Ratu terletak pada ketinggian 1.338 m dpl dengan suhu 10 s.d. 20 derajat celcius dan memiliki luas + 30 ha. Kawah ratu memiliki daya tarik yang unik, antara lain aktivitas geologinya yang terjadi sepanjang hari, kepundan yang selalu mendidih dan mengeluarkan gas asam sulfat (H2S) dengan baunya yang khas dan kadang mengeluarkan suara gemuruh. Sebagai akibat semburan uap air panas, di kawasan ini sering dikelilingi oleh kabut.

 

safari2Taman Safari Indonesia  - Taman Safari Indonesia adalah salah satu pusat konservasi binatang terbesar di Indonesia. Di obyek wisata ini pengunjung dapat menyaksikan margasatwa hidup bebas di dalam lingkungan yang mendekati habitat alaminya.

Di sini wisatawan dapat menyaksikan secara dekat tingkah laku satwa liar yang jumlahnya tidak kurang dari 2.500 ekor, diantaranya terdapat : singa, harimau, cheetah, beruang hitam Amerika, zebra, bison, panda merah, gajah dan banyak lagi.

Wisatawan dapat melakukan safari dengan mobil sehingga dapat menyaksikan binatang-binatang tersebut langsung dari kaca mobilnya. Bagi yang berminat, pihak pengelola juga menyediakan paket safari malam bagi mereka yang ingin melihat tingkah laku binatang-binatang tersebut pada malam hari. Fasilitas lain yang dimiliki taman margasatwa ini adalah arena bermain dan restoran.

Berikan Komentar


Security code
Refresh